Friday, May 2, 2008

Ajari 3 ...Ternate i am comming :D

nah gw lanjutin nih cerita perjalanan nya..

cuiinngg huuuusss..jeeess..
pesawat mulai meninggalkan kota makasar...dan gw dah tenang duduk didalam pesawat..nah skrng gw berganti posisi,,gw ada di tengah ,,dengan fahmi dari unj ada disamping kanan gw,,dan seorang bapak panitia di sebelah kiri gw..

perjalanan awal biasa aja..awalnya langsung ngobrol2 dengan fahmi secara dia peserta juga,..ngomongin banyak hal..dari mulai kampus,,aktivitas,..keaktivan dikampus..masalah pilkada jakarta..pilkada maluku utara..sampe ngomongin ttg mo walimahannya pak dayat..dan banyak lagi..cos gw bener2 ngobol ama dia dari mulai berangkat ampe nyampe di ternate..dengan memakan waktu hampir 1.25 jam..

nah review bentar nih...
gw ga nyuekin bapak yang disebelah kiri gw ..cuman ga ngobrol2 aja..cos gw ngobrol nya dah terlanjut seru ama fahmi..
nah ga tau nya ..nih yang disebelah gw ini adalah orang terpenting dirombongan kita..yup ketua rombongan ..direktur gerografi dan purbakala,,bapak Enjat Jayadiningrat..
walah..padahal gw dah ngocol abis..dan berkomentar abis ttg pemimpin dinegri ini..dan dah mengkritik semua kerja departemen..nah tau2nya ada pejabat disebelah gw..MATE Dah gw..

heheheh..tpi gpp..cos kan yang gw omongin itu memang bner..masih dalam tahap dapat dipertanggung jawabkan..cuman ati2 aja klo ngobrol maasalh yang sensitif..takut ada aparatnya..hehehe

sepp..
gw lanjutin...penerbangan dah hampir sampe ..pesona maluku utara.,.dah mulai tampak,,tampk bgt malah..gila ...keindahan nya mengagumkan,...terpesona melihat nya dari atas...dari atas pesawat keliatan ikan lumba2 ( sepertinya) lagi berenang lincahhh,,,waahh indaaah nya..

nah pesawat mulai turun dari keangkuhanya..dan mendarat dengan mulus dibumi rempah2 ini..

kesan pertama nyampe bandara ..wah dahsyat,,pak enjat langsung disambut meriah oleh mereka..heeheee...
tpi sayang perjalanan gw ini membawa kenyataan yang benar terjadi..makin ketimur,,pembangunan itu makin kontras,.,ini baru diliat dari bandaranya..yang gw kita bandara baabullah ini adalah terminal..heheh :D

sepp...gw ga terlalu sibuk melihat kondisi bandaranya..tpi gw takjub dengan keindaahan kota ini..pas turun langsung disapa ama gunung gamalama ( kyk nama artis ) secara klo gw liat,,emang kota ini memutari gunung ini..wuihh keren,,padahal gunung ini masih aktiv loohh

tpi karena kekayaan alam dan memang gunung ini belum menyengsarakan masyrakatnya..jadi ternate jadi tetap ramai.,.ramai banget maalah,,

setelah sambutan - sambutan dan gw langsung nyari2 makanan kecill..hehe..mulai ada makanan aneh2.asal nyomot aja..heheh...
tpi ga lama langsng disuruh menuju bis polisi ,,karena kita langsng menuuju penginapan..
dikemudi bis polisi ini ada bapak umar..yang memang polisi juga...ngobrol2 dikit ama beliau ..ttg harga minyak disini .(ternyata klo minyak masih murah ,dan premium pun sama kyk dijakarta harganya ) ,,.
tpi ya memang klo kebutuhan lainnya kyk pakayan disni mahal bgt..itu kata beliau ,,.karena barang2 didatangkan langsung dari surabaya..

ga lama kemudian kita sampe dipenginapan..yang awalnya gw pikir hotel,,eh ternyata mess balai latihan kerja ...oh tuhan ternyata malah lebih buruk dari yang dijakarta...
semua turun dan khusus dibis gw,..karena yang paling terakhir ..
kita langsung cipika cipiki ama tmn2 disana..yang awalnya gw kira panitia lokal..eh ternyata tmn2 mahasiswa dari maluku ( cos tampangnya tuir-tuir..hih pizz man.)
yah karena gw dah capek bgt..otomatis gw langsung nyari kamar ,,kamar yang ternyata ttp paling ujung..huh..tpi enak deket kamar mandi .,.ehehe
yah karena gw ga bawa alat mandi..jadi hal pertama yang gw lakukan setelah naro tas,,yaitu nyari warung.,.
muter2 keatas kesamping kebelang penginapan akhrinya gw temukan juga sebuah warung kecil..dan alhamdulillah dia menyediakan semua yang gw butuhkan ...huh mantaappp

dah dapet alat mandi, otomatis gw langsung menuju kamar mandi...dan eng ing eng..kamar mandi nya dah pull..ngantri abis..
yah terpaksa deh nunggu..huh capek ,,,

dah dapet antrian nih ..mandi .solat..dandan karena kita mo makan malam bareng pejabat..pake baju batik..siap2 .dan langsung setelah jam 7 kita semua peserta ajari langsung menuju hotel amara...
dna kita makan malam disana...huuuhh...hotel yang menurut gw jomplang ama sekitar...keren bgt,,..tpi ya wes lah.,..ini mungkin icon .,.bukti eksistensi maluku utara..
seepp...dilanjutkan dengan acara formal pas di hotel ini ,..dimulai sambitan.eh sambutan dari semua panitia dan pejabat daerah ...dan yang petik dari kata2 pejabatnya,sungguh murni..bahwa dia ingin membuktikan maluku utara itu aman untuk dikunjungi...seeppp setuujuu .,..disela acara gw nyari anak2 kelompok,,karena kita dibagiin kertas dan makalah , dan khususnya anak2 dari malut yang gw belum tau yang mana jadi kelompok gw..

seremonilannya berlangsung mayan lama...dan setelahnya dilanjutkan makan malam...maknyoooss..makanannya cukup enak dan kue nya yang paling enak menurut gw :D

abis makan malam..kirain kita balik ke penginapan,eh tau2nya ada presentasi makalah dari 3 pemakalah ..walaah...yah dengan semangat kita mengikuti makalah itu,,,walaupun dah ada yang ampe ngantuk2 gitu,,tpi suasanya masih semangat bgt..cos mang tema yang diangkat menarik bgt..tentang sejarah,arkeologi,potensi maluku utara,,sepp
ampe pas sesi diskusi aja antusias anak2 besar bgt,,ampe gw aja ga bisa nanya..ya secara pertanyaannya cuman 3 doang ..huuuhh..cos mang dah malam sih alasannya...

sepp,..dari acara pembukaan , makan malam, dan terakhir presentasi makalah..kita akhirnya kembali ke penginapan,..gila badan dah tepar bgt...si indra. ama faruk langsng kebawa ke alam mimpi,,dan gw bingung ,.knpa ga jadi ngantuk ya...
cos muter2,.baru deh bisa tidur..huh inget kita bangunnya jam 4..ok...