Friday, May 2, 2008

Ajari 3 ...Ternate i am comming :D

nah gw lanjutin nih cerita perjalanan nya..

cuiinngg huuuusss..jeeess..
pesawat mulai meninggalkan kota makasar...dan gw dah tenang duduk didalam pesawat..nah skrng gw berganti posisi,,gw ada di tengah ,,dengan fahmi dari unj ada disamping kanan gw,,dan seorang bapak panitia di sebelah kiri gw..

perjalanan awal biasa aja..awalnya langsung ngobrol2 dengan fahmi secara dia peserta juga,..ngomongin banyak hal..dari mulai kampus,,aktivitas,..keaktivan dikampus..masalah pilkada jakarta..pilkada maluku utara..sampe ngomongin ttg mo walimahannya pak dayat..dan banyak lagi..cos gw bener2 ngobol ama dia dari mulai berangkat ampe nyampe di ternate..dengan memakan waktu hampir 1.25 jam..

nah review bentar nih...
gw ga nyuekin bapak yang disebelah kiri gw ..cuman ga ngobrol2 aja..cos gw ngobrol nya dah terlanjut seru ama fahmi..
nah ga tau nya ..nih yang disebelah gw ini adalah orang terpenting dirombongan kita..yup ketua rombongan ..direktur gerografi dan purbakala,,bapak Enjat Jayadiningrat..
walah..padahal gw dah ngocol abis..dan berkomentar abis ttg pemimpin dinegri ini..dan dah mengkritik semua kerja departemen..nah tau2nya ada pejabat disebelah gw..MATE Dah gw..

heheheh..tpi gpp..cos kan yang gw omongin itu memang bner..masih dalam tahap dapat dipertanggung jawabkan..cuman ati2 aja klo ngobrol maasalh yang sensitif..takut ada aparatnya..hehehe

sepp..
gw lanjutin...penerbangan dah hampir sampe ..pesona maluku utara.,.dah mulai tampak,,tampk bgt malah..gila ...keindahan nya mengagumkan,...terpesona melihat nya dari atas...dari atas pesawat keliatan ikan lumba2 ( sepertinya) lagi berenang lincahhh,,,waahh indaaah nya..

nah pesawat mulai turun dari keangkuhanya..dan mendarat dengan mulus dibumi rempah2 ini..

kesan pertama nyampe bandara ..wah dahsyat,,pak enjat langsung disambut meriah oleh mereka..heeheee...
tpi sayang perjalanan gw ini membawa kenyataan yang benar terjadi..makin ketimur,,pembangunan itu makin kontras,.,ini baru diliat dari bandaranya..yang gw kita bandara baabullah ini adalah terminal..heheh :D

sepp...gw ga terlalu sibuk melihat kondisi bandaranya..tpi gw takjub dengan keindaahan kota ini..pas turun langsung disapa ama gunung gamalama ( kyk nama artis ) secara klo gw liat,,emang kota ini memutari gunung ini..wuihh keren,,padahal gunung ini masih aktiv loohh

tpi karena kekayaan alam dan memang gunung ini belum menyengsarakan masyrakatnya..jadi ternate jadi tetap ramai.,.ramai banget maalah,,

setelah sambutan - sambutan dan gw langsung nyari2 makanan kecill..hehe..mulai ada makanan aneh2.asal nyomot aja..heheh...
tpi ga lama langsng disuruh menuju bis polisi ,,karena kita langsng menuuju penginapan..
dikemudi bis polisi ini ada bapak umar..yang memang polisi juga...ngobrol2 dikit ama beliau ..ttg harga minyak disini .(ternyata klo minyak masih murah ,dan premium pun sama kyk dijakarta harganya ) ,,.
tpi ya memang klo kebutuhan lainnya kyk pakayan disni mahal bgt..itu kata beliau ,,.karena barang2 didatangkan langsung dari surabaya..

ga lama kemudian kita sampe dipenginapan..yang awalnya gw pikir hotel,,eh ternyata mess balai latihan kerja ...oh tuhan ternyata malah lebih buruk dari yang dijakarta...
semua turun dan khusus dibis gw,..karena yang paling terakhir ..
kita langsung cipika cipiki ama tmn2 disana..yang awalnya gw kira panitia lokal..eh ternyata tmn2 mahasiswa dari maluku ( cos tampangnya tuir-tuir..hih pizz man.)
yah karena gw dah capek bgt..otomatis gw langsung nyari kamar ,,kamar yang ternyata ttp paling ujung..huh..tpi enak deket kamar mandi .,.ehehe
yah karena gw ga bawa alat mandi..jadi hal pertama yang gw lakukan setelah naro tas,,yaitu nyari warung.,.
muter2 keatas kesamping kebelang penginapan akhrinya gw temukan juga sebuah warung kecil..dan alhamdulillah dia menyediakan semua yang gw butuhkan ...huh mantaappp

dah dapet alat mandi, otomatis gw langsung menuju kamar mandi...dan eng ing eng..kamar mandi nya dah pull..ngantri abis..
yah terpaksa deh nunggu..huh capek ,,,

dah dapet antrian nih ..mandi .solat..dandan karena kita mo makan malam bareng pejabat..pake baju batik..siap2 .dan langsung setelah jam 7 kita semua peserta ajari langsung menuju hotel amara...
dna kita makan malam disana...huuuhh...hotel yang menurut gw jomplang ama sekitar...keren bgt,,..tpi ya wes lah.,..ini mungkin icon .,.bukti eksistensi maluku utara..
seepp...dilanjutkan dengan acara formal pas di hotel ini ,..dimulai sambitan.eh sambutan dari semua panitia dan pejabat daerah ...dan yang petik dari kata2 pejabatnya,sungguh murni..bahwa dia ingin membuktikan maluku utara itu aman untuk dikunjungi...seeppp setuujuu .,..disela acara gw nyari anak2 kelompok,,karena kita dibagiin kertas dan makalah , dan khususnya anak2 dari malut yang gw belum tau yang mana jadi kelompok gw..

seremonilannya berlangsung mayan lama...dan setelahnya dilanjutkan makan malam...maknyoooss..makanannya cukup enak dan kue nya yang paling enak menurut gw :D

abis makan malam..kirain kita balik ke penginapan,eh tau2nya ada presentasi makalah dari 3 pemakalah ..walaah...yah dengan semangat kita mengikuti makalah itu,,,walaupun dah ada yang ampe ngantuk2 gitu,,tpi suasanya masih semangat bgt..cos mang tema yang diangkat menarik bgt..tentang sejarah,arkeologi,potensi maluku utara,,sepp
ampe pas sesi diskusi aja antusias anak2 besar bgt,,ampe gw aja ga bisa nanya..ya secara pertanyaannya cuman 3 doang ..huuuhh..cos mang dah malam sih alasannya...

sepp,..dari acara pembukaan , makan malam, dan terakhir presentasi makalah..kita akhirnya kembali ke penginapan,..gila badan dah tepar bgt...si indra. ama faruk langsng kebawa ke alam mimpi,,dan gw bingung ,.knpa ga jadi ngantuk ya...
cos muter2,.baru deh bisa tidur..huh inget kita bangunnya jam 4..ok...

Wednesday, April 30, 2008

MAsih Ajari Tpi ini yang Part 3

huuuaaaaaaaahhhh....
buseng mata masih merah serasa berdarah,,huh walau bangun sendiri tpi tetep aja nih mayan ,,masih jam 2.30..dan hebatnya si roni dan mandi..huh...karena faktor badan dan kondisi fisik gw yang ga memungkinkan mandi jam segitu ..yah langsung aja ngeloyor ke kamar mandi buat cuci muka ama gosok gigi asal2an..mondar2 mandir ga jelas..takut ada yang ketinggalan..tpi jujur nih gw ga bawa handuk gede,,cos dalam angan2 gw kitakan nginep di hotel..secara hotel yang biasa gw pernah tongkrongin biasanya ada fasilitas alat mandinya,.,.yah jadi pas dirumah tadi pagi gw kaga bawa tuh alat2 mandi..huh keselllll... moga nnti di ternate lebih baik..

pas gw keluar kamar bareng roni ..anak2 dah juga pada beres..pada mo cabut dari penginapan haji ini..dan tanpa tedeng aling2 di daerah jalan jaksa yang terkenal dengan kehidupan malamnya kita keluar dan langsung naek bis..meluncur menuju bandara jakarta tercinta..bandara sukarno hatta..

jalanan jakarta indah bgt nih malam..cos gila sepi bngt..ga pernah gw liat nih jalanan di pusat jakarta kayk gini..ya iyalah secara nih masih jam 2.30 atau jam 3.00 pagi..mana ada yang pergi kekantor jam segini..bencong atau pecun jakarta mungkin dah pada kembali kerumah nya kali...hihi ..(gw ga tau klo yang kyk gini2an ini tmn2 gw aja yang sering nyebut.. hhehee)

nyampe bandara...
weeess..wuungg..winngg....akhirnya bus tercinta mendarat.eh menepi di bandara ..dengan sigap anak langsung menurunkan bawaannya dan turun dari bus...sesuai intruksi panitia..kita harus kumpul per kelompok,,dan gabungin tuh bawaan kita jadi satu troli..
sepp..dah kumpul ..karena si adrian bisa langsung ngeliat anak2nya semua..kan dia paling tinggi gitu looh..

yah ternyata agak2 lama juga nih berangkatnya..sambil moto2 tidur2an duduk2an...jongkok2an..eh ga sampe iler2an sih...kita semua nunggu keberangkatan menuju makasar dulu...
eh tiba2 panitia mengintruksikan kita masuk. siap2 berangkat..dengan memasukan barang yg mo dimasukin ke bagasi ke lorong hitam penuh misteri kita lanjut menuju ke tempat tggu penumpang ...
dep dep..tiba2 azan subuh berkumandang..wuihh,,solat dulu ah,,muter2 nanya2 eh dimana musola nih..dibawah2...di wc,,aneh kok di wc ya..
ya udah meluncur bersama tmn satu kelompok ku yang paling tinggu dan ada hanifah yang mengikuti ,,aku solat dimusola yang ukurannya 2 x 1 meter skala 3 ...yah intinya sempit bgt lah..
diisi dengan gw , hanifah yang agak berisi, dan adrian yang tuinggi,,terus ditambah ibu2,,intinya hampir kekurangan nafas dah ... baru aja selesai solat eh ada pengumuman pesawat kita dah mo landing...wuih..langsung lari dan ngembil tas ajari ..langsung jalan ke lorong menuju pesawat..
huh nyampe juga di pesawat.. dan kali ini gw sebangku ama mas wicaksono ( dari depdiknas bagia kerjasama luar negri sama ibu sapa ya gw lupa..pokoknya dari budpar direktorat purbakala..yang ternyata tmnnya mas CECEP ..dosen gw ...hahah

sep..perjalanan ke makasar gw lalui pertama ngobrol2 dengan mas wicaksono..yang ternyta rumahnya juga di cibubur,,huh dunia begitu sempit ternyta dah mo jalan ke ternate masih ketemu juga orang cibubur...huh..tpi bagus malah..jadi ntar gw bisa minta foto2nya mas wicak..cos dia bawa kamera juga..hehe...nanya2..ttg kul,dah punya istri blom,,eh ternyta masih lajang lohh,,,ganteng lagi..ayo sapa yang mo daftar,,heheh...dan ampe ngomongin makanan..dll
karena gw pingin pipis..entah kenapa pas duduk di pesawat ini,,kantong kemih gw mulai berontak..yah gw langsung aja menuju suatu ruangan yang dibuat khusus dengan spesifikasi luas 3 x 2 mungkin dan ada tongkat yang bisa menyemburkan air,yang orang bilang ini toilet,,,heheh..

setelah lega membuang suatu yang sangat berharga ( baca air Kencing ) .gw kembali ke tempat duduk ..dan ternyata mas wicak berpindah tempat..dengan ibu arkeo itu,,hehe..otomatis gw ngobrol dengan topik yang beda dong dengan ibu yang satu ini.dari mulai ngomongin kuliyah ,mba tinia sampe mas cecep yang ternyata tmn satu angkatanya..hueiihh....serem juga gw dengernya..hehe..tpi ga ngomongin beliau lohh..cuman agak takjub aja..dia bisa nyelesein skripsinya dalam waktu 3.5 thn..mantaaappp ..lanjut ngobrolin barang2 yang dijual merpati, sembari minum minuman yang disajiin ama pramugari yang caem2...huih mantap sirup apel nya pokokke...hehe..

wess...nguuung..wiiiikk..nguukkk..bleek...
heh pesawatnya sampe di kota makasar,,kota para pelaut ulung..ehhee
langsung menuju ke bandara. kira2 ini kita sampe klo ga salah jan 8.15 waktu ..dan dengan bangganya panitia mengatakan pesawat akan delai ampe jam 13.00 WITA..berarti ada 4 jam lagi kita harus terkurung dibandara yang suyi eh meriah ini..cos emang bandara nya masih sederhana ...
sambil nunggu gw bingung mo ngapain..dah muter2..kesana kesini..ke ujung ke wc..eh akhirnya dengan masih mengigat rutinitas..gw memutuskan untuk solat dhuha...dan karena gw masih ngantuk banget gw bikin plus solat duha didalam musola bandara hasanudin ini..dengan molor abis solat ..hahaha...

tiba2 gw terbangun ...widih,gw kaget ,,secara gw kita gw ketinggalan pesawat..karena keenakan tidur...hhehe..tpi alhamulillah ternyata jam gw emang agak dodol..kan mang maju 1 jam disini.ihiih..intinya masih lama kita berangkatnya ,,,,langsung menuju ke tempat ngumpul anak2 semula..
huh masih lama ya. bu nina.." tanya gw..
masih " jawab bu nina..eh tiba2 gw disodorkan sebuah kotak berwarna putih ada corak merah dan bertuliskan KFC ,,,hehe..bu nina ngasih gw makan siang..cos gw ga ikut makan siang bareng anak2 di KFC ..huh ..kok gw ga diajak sih...

tpi gpp..cos abis gw makan KFc dengan pepsi ditangan..eh tiba2 si ikhwan datang lagi,.di lo dah makan lom.. bawa 2-4 kotak lagi..hehe. dengan senyum menyungging gw ga jawab apa2,,langsung gw ambil s 1 aja lagi..cos enak nih klo dimakan dipesawat,,hiihhi...sembari nunggu pesawat yang bntr lagi dateng ..gw nanya2 nomer tlpon beberapa anak2 sambil motoin biar ketika gw liat do phone book .gw langsung tau nih dwi atai adrian atau andre yang mana..heheh

pesawat merpati dengan nomer penerbangan M.382 klo ga salah ..jurusan..eh penerbangan deng ..ke ternate akan berangkat..diharapkan penumpang segera bersiap-siap..
hehe..langsung ngelonyor ..dan akhirnya naek pesawat lagi..huh..

ntar deh sambung lagi..nih ada yang mo make komnya..hehehe...

ARUNG SEJARAH BAHARI PART 2

lanjut nih penonton...

nah terakhir gw cerita ape,,,kok lupa ya..hehe..sep..
pas di ruang sidang...lagi enak2 nyruput tuh teh bersama roni..dan sembari menunggu waktu kedatangan para pencari suaka..eh peserta deng keruang sidang untuk makan..gw ama roni masih dengan ditemani beberapa ibu2 ,,yang gw ga tau
sapa gerangan mereka..tanpa mikirin sapa mereka...gw masih aja ngobrol2..

trus mulai deh ..berjatuhan eh berdatangan maksudnya..tmn peserta yang lain keruangan ini untuk makan...nah anehnya pas mulai makan.eh gw malah kenyang ..mungkin masih berassa hokbennya nih diperut..secara gw kan orangnya ga rakus,(terkadang lebih banyak rakusnya) heheh.... ya udah karena gw bingung mo ngapain..yah mulai deh kegilaan dimulai..

karena merasa ga punya kesibukan apa2.. rasa jahil dan bersosialisasi itu tinggi..yah otomatis gw langsung ngelinder..eh bahasa apaan tuh...muter2 maksudnya..
dari meja satu ke meja lainnya..
mulai deh kenal yang namanya fiki ( mojang solo ini nih yang tiba2 jadi sekelompok ama gw ) sahrul ( undip) badi ( yang ini nih gw baru tau namanya cos tadi dimusola gw kirain marbot musola.cos dia pake sarung segala ..hihih..) trus ke enam puluh peserta lainnya ...hehe...kan dah gw bilang..gw ga makan jadi gw doang yang muter2..sambil muter2 ya,.narisiz2an lah dengan kawan lama..eh ga juga sih..gw banyakan jadi tukang fotonya tuh :( ...

habis muter2 dan makanan anak2 yang dipiring juga abis..eh ternyata muncul beberapa pria yang kira2 berumur lebih dari tua dari kami semua dan menyapa..ya ..mereka ternyata panitia deng..

sambil mendengarkan wejangan mereka dengan baik ..yang katanya nnti ada lomba2nya gitu..dan ada pemilihan raja dan ratu laut..dikira penggantinya neptunus kali ya..heheh..
trus dilanjutkan dengan menerangkan peraturan2 ...yang aneh nya ada satu peraturan ampe kita nyampe di maluku utara masih dilanggar tpi ga ada sangsi tegasnya yaitu merokok..

eh disela2 itu ..tim panitia yakni yang diketuai oleh ibu Triana dan beberapa panitia yang dah biasa gw liat ..yaitu dosen sendiri mas tikno. ada dosen sejarah ui mas didik.dan yang terakhir ..gw pernah liat dia dimn gitu..yaitu mas asep yg memang dia tuh ketua komunitas historia di jakarta ..

dilanjutkan sesi perkenalan masing2 peserta yang memang sejak awal gw kaget..komunitas jember..eh UNJEM ..beredar paling bnyk..
setelah kenal trus langsung dibagi ke beberapa kelompok yang tadi dah gw tulis eh gw sekelompok ama fiki...yang dari tadi gw jahilin handycamnya ,,hihihi,sory bro..

jadi ge sekelompok ama nih ...pertama gw trus ada si fiki,adrian(unair yang tinggi bener,,gila gw ciut nih di depan bapak yang satu ini..) trus si abeh ( wew ,,inikan orang yg gw kira tadi maling :)) haha..sory2 beh..) trus si nabila ( dari mustopo ..aneh padahal awalnya gw ga tau klo ada yang dari mustopo..tpi bagus dong..) leni ( nah ini nih dari komunitas terbesar saat itu dari UnJEM ,,eh mereka minta nya dibilang UNEJ..Biar dikira univ mejret kli..hihi..ga maaf2 ,ini nih asumsi tambhan terakhir gw..hehe..Just keeding ) dan ditambah nnti dari ternate 4 orang...yaitu ibrahim, mukhsin, nah ini doang yang ada...2 lainnya raib ,:D
hal pertama yang dilakukan adalah mencari nama kelompok..setelah berfikir2 dan saling berebutan nama rempah2. dari gw ide nya kapulaga,kunyit,kencur,,terakhir kayu manis..dan udah kesebut semua eh malah rempah yang paling utama ga diincer ama anak2..yah otomatis dong dengan kecerdikan diatas rata2,gw langsung ngomong bahwa kelompok kita CEngkeh,,keh eh eh eh eh...(yang akhirnya jadi slogan klompok kita ditambah MAKNYOOOSSS )

eh tiba2 si anak jember yang gw kira aneh namanya ..anugrah,,,eh anugrahku.:)) ..dengan intrupsi yang bergelegar,,langsung bilang.harusnya kita punya slogan atau yel untuk ajari kali ini..
misal...Jaya Bahari ,,,jaayaa...jayaa..

sepp.,.cukup membangkitkan juwa patriotik dalam diri..dan dah lama nih ga teriak2 gitu..heheh.. sepp .tapi oke dah anugrah ( eh ga tau nama panggilannya ANdre..wew,,dari mana tuh nama ,,minta ijin dulu ama andre stinky..hihi ..)

pokoke usai pembicaraan di ruang sidang ini dan memang dah cukup larut..kita semua bubar..bubarr..menuju pulau kapas..dan langsung molorr..gerrrr..rrr..eh ga ngiler loohh,.....

arung sejarah bahari

tgl 20 april - 25 april...

awal

dimulai dengan dikumpulkannya seluruh peserta ajari dari seluruh universitas di negri ini di depdiknas pusat...menuju PHi kami bersiap menuju bandara pada pagi harinya untuk menuju Maluku utara yang transit di Makasar
di phi ..

huh saya datang ke tempat ini bareng2 tmn2 yang paling akhir regristasi. bersama panitia saya dan rekan-rekan dari Pontianak(wijayanti) solo(riza) Aceh(saifullah) menuju ke PHi

setibanya di PHi

disuruh bu nina(bendarahar) langsung menuju receptionist trus dibagiin dmn kamar kita ..yah saya dapet kamar di 3.18 ( klo ga salah) kamar paling ujung dari semua peserta cos emang saya terlambat soalnya...heheh..

pas ktmu kamar nya bingung ...
kamarnya kok dikonci..dah digedor2 kaga ada yang jawab..yaaa..otomatis gw tengok kanan-kiri ,,apa mungkin gw yang salah kamar.....lagi bengong kyk orang bego ..ngeliat kamar di sebelahnya kebuka lebar...langsung aja dengan PEDE nya gw masuk...sapa2an ..salam2...sun...eh ga nyampe sun-sunan deng...gw kenalan sama adrian(Unair).(dwi klo ga salah) .kok gw lupa ya...pokoknya disitu gw ngeliat si abeh...jujur pas gw ngeliat abeh gw kirain nih bukan peserta ajari..abis dia bawa2 karung sih..eh tas yang mirip karung deng..

malah gw hampir spontan mo gebukin dia..abis dari pengamatan gw .,.anak2 disitu ga kenal ama nih orang...

tpi beruntung ga jadi..

hehehe

setelah enak2 ngobrol ama nih anak2 yang disebelah.. tiba2 kamar seblah kebuka...huh ada sosok manusia keluar dari pintu itu..
cos langsung gw berhentiin aja..dia mo kebawah klo ga salah...

gw bilang kita sekamar,,hehehe ...yah kenalan,nanya2.
dan akhrinya gw tau dia mahasiswa dari tempat yang belum pernah gw kunjungi..dia seorang RAJA..RAjaroni tepatnya..pemuda asal Tanjung Pinang..
hehe..obrolan berlalu ..ternyata kita ada kesamaan kegiatan dikampus,,dan saat itu juga gw ngangep dia saudara gw..hehe...jarang2 nih dpt tmn dari wilayah sana...:D

ga lama ngobrol2.dan gw tau satu hal dari raja yang satu ini..perutnya ga bisa dikontrol...lapar mulu.,.cos dia dah makan 2 kali hokben yang dikasih panitia sore itu..

menjelang magrib..

karena gw bingung solat dikamar,..gw inisiatif ama roni nyari mushola,,cos ini kan asrama haji masa ga ada mushola...nanya2 eh akhrinya ketemu juga tuh musola..ada dilantai dasar dibelakang receptionis belok kanan dan sampe deh ..solat jamaah bareng roni...di musola itu pertama kali melihat tampang baddy( kyk mobile chat program namanya hihih ) ..ama si hanifah atau ifan nih namanya..
usai solat
karena gw ama roni bingung mo ngapain..dan karena gw haus..yah gw ama roni langsung nyari tempat dimana sumber2 pangan tersedia ..

menuju lantai 2 ..ge langsung masuk ruangan sidang or rapat..dan meluncur ke tempat makanan..
tpi sayang ..nafsu buas perut ku belum muncull.yah otomatis cuman minum doang..tpi si roni yang dah makan 2 hokben masih juga lapar katnay,,heheh ,,,lanjut di post lanjutnya ya